Recent Posts

Sabtu, 08 Maret 2014

Setara karena kita mampu ! International Woman’s Day



Setara karena kita mampu ! International Woman’s Day

Hari ini tanggal 8 Maret 2014, apa kalian tau hari ini bertepatan dengan hari apa ? jika tidak, ijinkanlah saya memberitaunya. Bukan untuk sok menggurui apalagi merasa paling tau hanya sekedar berbagi informasi. Hari ini, diperingati sebagai hari perempuan se Dunia.

Alasan mengapa ada hari perempuan se-Dunia, karena kita pasti sama-sama tau di belahan dunia manapun saya yakin kekerasan, ketidakadilan, diskriminasi masih saja terjadi khususnya kepada kaum ku “Perempuan”. Masih saja ada yang menganggap bahwa perempuan adalah makhluk yang tak pantas untuk mendapatkan perlakuan yang layak.

Manusia; terlepas dari ia perempuan atau laki-laki ia wajib di hormati, dihargai dan mendapat perlakuan yang layak!

Sempat membaca di kompas, beberapa wanita berpengaruh di dunia tapi tak satupun dari indonesia. Anggap saja karena keterbatasan space untuk menuliskannya maka tak semua dapat di tuliskan atau disebutkan.

Di Indonesia ada Perempuan-Perempuan yang hebat, sebut saja Marsinah ia memperjuangkan kaum Buruh agar tidak lagi terdiskriminasi dan tertindas oleh sistem yang semena-mena. Kemudian ada sosok walikota Surabaya Ibu Risma yang tak mengenal lelah untuk menindak segala bentuk kejahatan yang terjadi di kotanya, membantu kaum yang lemah dan tak pernah ragu untuk terjun langsung membantu setiap warganya yang tertimpa kesulitan.

Ada lagi sosok perempuan yang patut di jadikan teladan dari setiap tindakannya. Ia adalah Tawakkol Karman peraih nobel termuda dari yaman dan satu-satunya muslimah berjilbab yang meraih nobel tersebut. Berulang kali keluar masuk penjara tak mengurungkan niatnya untuk berhenti pada jalan yang telah ia pilih. Memperjuangkan hak-hak perempuan dalam demokrasi, berpendapat dan berekspresi.

Dalam pidatonya pada saat penyerahan nobel ia menegaskan bahwa peradaban manusia dibentuk atas kerjasama antara perempuan dan laki-laki. Jika kaum perempuan diperlakukan secara tidak adil dan hakhak mereka dihilangkan maka masyarakat (laki-laki dan perempuan) pasti akan menderita. Demokrasi yang baik yaitu demokrasi yang memihak pada yang benar di mana tak lagi ada pandangan bahwa kaum perempuan adalah kaum yang marginal di masyarakat.

Kaum perempuan adalah kaum yang berperan penting dalam maju dan berkembangnya sebuah bangsa. Ia yang akan melahirkan generasi-generasi terbaik. Untuk itu sudahilah diskrimasi terhadap perempuan terhadap siapapun.

Satu lagi statemen nya yang sangat menarik menurutku ketika ditanya tentang hijabnya oleh wartawan apakah sesuai dengan tingkat intelektual dan pendidikannya ? ia  menjawab manusia di jaman purba berpenampilan hampir telanjang dan ketika intelektual berkembang ia menggunakan pakaian. Bagaimana saya saat ini dan apa yang saya pakai merupakan tingkat tertinggi pemikiran dan peradaban yang sudah dicapai manusia, dan bukan kemunduran. Membuka busana adalah kemunduran yang akan membawa kita ke masa lampau.

Pemikiran yang hebat bukan ? Jadi kenapa harus dan masih saja ada diskriminasi terhadap kaum perempuan ? perempuan tak lebih dan tak kurang sama juga seperti lelaki, mempunyai kekurangan juga kelebihan. Masing-masing unggul dalam peran dan bidang nya. Tak ada yang lebih superior di antara mereka. Perempuan dan laki-laki saling melengkapi. Bagaimana jika tak ada perempuan, apakah masih ada kehidupan atau apa akan tetap ada kehidupan tanpa perempuan ?

selamat Hari Perempuan se-Dunia, semoga tak ada lagi Diskriminasi terhadap perempuan terhadap siapapun !!
                                                                                                          
  Bookopi, .....................

0 komentar:

Posting Komentar